Dijelaskan oleh Shodiqin. Tujuannya adalah agar setiap calon pengantin, pasangan muda yang tengah menantikan kelahiran anak, serta pasangan dengan bayi seluruhnya terpantau dan terdampingi oleh TPK agar terbebas dari resiko stunting.

tingkatkan-registrasi-elsimil-catin-bkkbn-diy-gelar-monitoring-di-10-kua“Tim ini beranggotakan tiga orang terdiri unsur bidan atau tenaga medis, Kader KB, dan Kader PKK setempat yang akan mampu memberikan rekomendasi tindakan yang diperlukan,” jelas Shodiqin.

Shodiqin juga menambahkan bahwa saat ini BKKBN DIY tengah menyiapkan untuk memperluas cakupan registrasi Elsimil kepada calon pengantin penganut agama lainnya dan telah direncanakan untuk mengundang pemuka agama yang diberikan wewenang oleh negara sebagai petugas pencatat nikah.

Salah satu temuan menarik saat dilaksanakan monitoring adalah capaian registrasi oleh KUA Kapanewon (sebutan Kecamatan di DIY) Girimulyo Kabupaten Kulon Progo yang mencapai 99 persen sebagai capaian tertinggi, jauh di atas capaian tertinggi kedua yang hanya 58,9 persen dan rata-rata capaian registrasi seluruh KUA 16,4 persen.