satpol-pp-surabaya-terjunkan-427-personel-untuk-pengamanan-nobar-piala-asia-u-23
Surabaya Kota, Surabaya – Satpol PP Kota Surabaya menerjunkan ratusan personel untuk mendukung pengamanan nonton bareng (nobar) Piala Asia U-23 Tahun 2024. Nobar kali ini dilaksanakan di Stadion Gelora 10 November (G10N) Kota Surabaya, Kamis (2/5/2024) malam.satpol-pp-surabaya-terjunkan-427-personel-untuk-pengamanan-nobar-piala-asia-u-23

Kepala Satpol PP Kota Surabaya, M Fikser mengatakan bahwa pihaknya juga berkoordinasi dengan kepolisian dalam pengamanan nobar Piala Asia U-23 2024 di Stadion G10N.

“Kalau dari pengalaman (nobar) kemarin, kita kerahkan 427 personel Satpol PP. Ini juga nanti kita akan kerahkan yang sama, 427 di seputaran Gelora 10 November,” kata M Fikser, Kamis (2/5/2024).

Fikser menjelaskan bahwa ratusan personel Satpol PP Surabaya itu tidak hanya dikerahkan di luar stadion. Tetapi mereka juga disebar di masing-masing tribun Stadion G10N. “Kita tempatkan personel di dalam stadion juga, termasuk di pintu-pintu akses masuk,” ujarnya.

Selain Satpol PP, pengamanan nobar Garuda Muda Indonesia kontra Irak U-23, juga akan didukung beberapa personel Perangkat Daerah (PD) terkait di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Di antaranya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) hingga Dinas Kesehatan (Dinkes)

Nah, untuk memudahkan akses keluar masuk penonton saat gelaran nobar, Fikser menyatakan, bahwa Pemkot Surabaya akan membuka semua akses pintu masuk stadion. Pengecekan sebelumnya pun dilakukan untuk memastikan beberapa akses keluar masuk tersebut dapat dibuka.satpol-pp-surabaya-terjunkan-427-personel-untuk-pengamanan-nobar-piala-asia-u-23

“Semua pintu dibuka, ada sekitar enam pintu. Kemudian ada pintu-pintu kecil yang di atas juga dibuka,” jelas mantan Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya ini.

Sementara terkait dengan parkir, Fikser menyebut bahwa Dishub Surabaya telah menyediakan beberapa kantong atau titik parkir di sekitaran Stadion G10N. Parkir tersebut akan dikelola masyarakat setempat dengan pengawasan dari Dishub.

“Ada kantong-kantong parkir di depan gelora, sirip-sirip juga. Nanti ada masyarakat yang mengelola parkir, tapi ditekankan oleh Pak Wali Kota kepada Dishub agar mensosialisasikan kepada para jukir untuk tidak menarik parkir sampai Rp10.000,” tegasnya.

Sebagai diketahui, Pemkot Surabaya bekerjasama dengan MNC Group, menggelar nobar Piala Asia U-23 2024 di Stadion G10N pada Kamis (2/5/2024) malam.satpol-pp-surabaya-terjunkan-427-personel-untuk-pengamanan-nobar-piala-asia-u-23

Nobar kali ini untuk mendukung Timnas U-23 Indonesia melawan Irak U-23 dalam perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024, sekaligus kelolosan langsung ke Olimpiade Paris 2024. Pertandingan itu akan disiarkan live di RCTI pukul 22.30 WIB dan dihelat di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha Qatar.

Sebelumnya pada Rabu (1/5/2024), Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Wakil Wali Kota Armuji, melakukan pengecekan langsung di Stadion G10N. Pengecekan dilakukan untuk memastikan kesiapan sarana prasarana pendukung nobar di stadion legendaris di Kota Surabaya tersebut.@Red.

Loading