tingkatkan-registrasi-elsimil-catin-bkkbn-diy-gelar-monitoring-di-10-kua
Surabaya Kota, Yogyakarta – Kanwil Kementerian Agama dan Perwakilan BKKBN DIY menggelar pertemuan dengan seluruh 78 Kepala KUA di DIY dan Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag Kabupaten/Kota untuk menyampaikan hasil monitoring dan mendiskusikan upaya peningkatan capaian registrasi aplikasi Elsimil bagi para calon pengantin.
tingkatkan-registrasi-elsimil-catin-bkkbn-diy-gelar-monitoring-di-10-kuaPertemuan itu dilakukan setelah selesai melaksanakan montoring capaian registrasi aplikasi Elsimil di 10 KUA pada kamis, 3/11/2022.

Elsimil adalah aplikasi berbasis Android yang dikembangkan BKKBN yang ditujukan bagi para calon pengantin agar mereka menginput data-data dasar kondisi fisik dan kesehatan yang didesain untuk diolah oleh aplikasi dan menghasilkan kesimpulan, apakah calon pengantin tersebut ideal atau belum ideal untuk hamil dan melahirkan.

Bila belum ideal, perkawinan tetap dapat dilaksanakan namun disarankan untuk menunda kehamilan sampai upaya perbaikan kondisi kesehatan berhasil mencapai kondisi ideal untuk hamil.

Dilaunching di Kabupaten Bantul oleh Menteri Agama dan Kepala BKKBN, harapannya setiap calon pengantin terdaftar di Elsimil agar setiap kehamilan adalah kehamilan ideal dan anak yang akan dilahirkan terbebas dari resiko stunting. Saat ini registrasi Elsimil ini sedang diupayakan untuk diterapkan di seluruh KUA bagi calon pengantin Muslim, dan akan segera disasar calon pengantin selain Muslim.

Kepala Kanwil Kemenag DIY Dr. H. Masmin Afif dalam sambutan pengarahannya menyampaikan bahwa setalah dilaunching di Bantul bulan Maret 2022, Kemenag DIY telah meluncurkan edaran kepada seluruh jajaran KUA untuk memastikan para calon pengantin teregistrasi Elsimil.