Suhartuti Koordinator Bidang KS-PK, kesempatan yang sama menerangkan bahwa BKKBN akan menggelar Peringatan Hari Keluarga Nasional ( HARGANAS ) ke 29 tahun 2022.

“Melalui Harganas, senantiasa mengajak keluarga dan masyarakat untuk terlibat aktif dalam berbagai upaya pencegahan dan percepatan penurunan stunting dengan mengusung tema “Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting” yang akan diadakan selama bulan Juni 2022 dan puncak acaranya pada hari Rabu, 29 Juni 2022 di kantor BKKBN,” ujar bu Titik panggilan akrabnya.

Diadakannya Harganas, memiliki tujuan mensinergikan Gerak dan Langkah Keluarga Indonesia Mencegah Stunting, Meningkatkan peran stakeholder, tokoh masyarakat dan keluarga dalam pembangunan keluarga, Meningkatkan kinerja Pengelola dan Petugas Bangga Kencana dalam meningkatkan Program Bangga Kencana, dan Meningkatkan kepedulian keluarga Indonesia dalam pencegahan stunting.

“Dengan menggunakan sistem Pendekatan Penta Helix, yaitu 5 unsur Kerjasama yang melibatkan pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan pers. BKKBN berharap dengan kerjasama pentahelix ini dapat bersatu padu berkoordinasi serta berkomitmen untuk mencapai tujuan percepatan penurunan angka stunting,” tuturnya.

Ada 3 kegiatan unggulan kedeputian dalam peringati harganas, KS-PK Bapak Asuh Anak Stunting bagi Keluarga 1000 HPK dan Sepekan ELSIMIL, KB-KR Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA), dan DALDUK Semarak Kampung KB.

“Kegiatan kedeputian KSPK adalah melakukan Sosialisasi peran UPPKA terhadap pencegahan stunting, memberikan legalitas, Memantau perkembangan balita dan tumbuh kembang anak dan peran Lansia untuk Keluarga. Terlaksanakannya Kegiatan KS-PK ini maka dibutuhkan ADUJAK GenRe Nasional (Apresiasi Duta Genre dan Jambore Ajang Kreatifitas Generasi Berencana) untuk memilih Duta Genre Nasional Tahun 2022,” terangnya.

Pemaparan terakhir di lakukan oleh Nyigit Wudi Amini, sekretaris BKKBN Jatim tentang DAK Fisik Subbidang KB dan BOKB tahun anggaran 2022 yang diarahkan untuk fokus Pada Program Bangga Kencana dan Program Penanganan Stunting.