Pendekatan keluarga berisiko Stunting menjadi sasaran pendampingan bagi Catin (calon pengantin) Ibu Hamil, Ibu Pasca Persalinan, anak 0-23 bulan, dan anak 24-59 bulan dalam mendukung periode emas 1000 hari pertama kehidupan.

“BKKBN punya Satgas penurunan Stunting, di kabupaten 2 satgas dan di kota 1 satgas, yang bisa membantu dalam penanganan stunting di daerah,” ujarnya.

Sesuai Google form, yang diisi oleh PPK diambil 16 Mei 2022 jam 10.12 Wib. Analisis Data Ibu Hamil & pasca persalinan (Kab/Kota) Jatim menunjukan Validasi Data Ibu Hamil dan Pasca persalinan pada ibu hamil sebanyak 16.537 baris data sebelum Cleaning dan 14.853 baris data Setelah Cleaning. Sedangkan untuk Pasca Persalinan Sebanyak 10.594 baris data sebelum Cleaning, dan 10.276 baris data Setelah Cleaning.

BKKBN Jatim

“Pada analisis Data ibu hamil terdapat 33 kabupaten/kota yang telah mengisi google form dan 5 kabupaten/kota yang belum melakukan entry data (data 0), antara lain Kabupaten Tuban, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sumenep, dan Kabupaten Tulungagung,” terang bu Erna.

Jumlah ibu hamil di  Kabupaten/Kota sebanyak 14.853 dengan status anemia sebanyak 12% dan kesesuaian kehamilan dengan taksiran berat janin di Jawa Timur mencapai 79%.

“Untuk analisis data pasca persalinan Terdapat 32 kabupaten/kota yang telah mengisi google form dan 6 kabupaten/kota yang belum melakukan entry data antara lain Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sumenep, Kota Batu, dan Kota Probolinggo. Dengan sebaran data pasca persalinan di kabupaten/kota mencapai total keseluruhan 10.276 penggunaan alat kontrasepsi suntik sebanyak 47%,” tutur bu Erna.