Sukamto
Surabaya Kota, Sleman – BKKBN DIY menggelar acara Sosialisasi dan KIE Program Bangga Kencana bersama Mitra Kerja Komisi IX DPR RI yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Sunan Ampel Maguwoharjo Depok, Sleman, Rabu (31/05/2023).BKKBN DIY Giat Sosialisasi dan KIE Program Bangga Kencana bersama Mitra Kerja Komisi IX DPR RI

Slogan Dua Anak Cukup kini tak lagi didengungkan. Terdapat sejumlah alasan mengapa kebijakan kependudukan dan KB saat ini tidak lagi mengutamakan pembatasan jumlah anak.

Pertama tentu saja persoalan menentukan jumlah anak adalah hak individu pasangan yang tidak bisa dipaksakan. Kedua, pertumbuhan penduduk secara nasional sudah mendekati ideal dengan TFR 2,24 berarti rata-rata perempuan yang selama masa suburnya melahirkan satu atau dua anak saja sudah ebih banyak jumlahnya dari yang melahirkan tiga atau lebih anak.

Bahkan di DIY angka TFR sudah di bawah 2,0 yaitu 1,89 yang artinya rata-rata wanita usia produktif melahirkan kurang dari dua anak selama hidupnya. Jika tren ini berlanjut maka pertumbuhan penduduk alami DIY bisa mengalami penurunan.