“Ya, dilaporkan ke Bareskrim tanggal 17 juni 2022 dipanggil kesana yaitu saya , Kenedy, Tjandra Sridjaja dan Alex Tanaya. Saat ditanyakan soal hasil penyelidikan bareskrim, Erick menjawab Sampai hari ini sebatas klarifikasi.

Erick kemudian dicecar oleh penasehat hukum terdakwa soal laporannya, apakah sebagai perkumpulan atau mewakili pribadi. Namun dijawab mewakili perkumpulan.

faktanya, kerugian pribadi dirinya dimasukkan dalam dakwaan yaitu pribadi  dan bisnis menjadi kacau karena dipermalukan, dan kerugian sebesar Rp263.9 juta bolak-balik surabaya jakarta. Namun terungkap fakta, bahwa saksi hanya dua kali diperiksa di Bareskrim.

Meski melaporkan terdakwa dengan tuduhan memasukkan keterangan palsu pada akta otentik sebagaimana akta nomor 8 tanggal 6 juni 2022, Erick rupanya tidak mengetahui pasti tentang apa yang menjadi dasar pelaporannya. Saat di cecar tentang laporannya. Erick hanya terdiam, dan bahkan tidak pernah tahu dan melihat isi akta, namun hanya tahu sepintas diperlihatkan saat di Bareskrim.

Sementara itu, penasehat hukum terdakwa Liliana membantah sejumlah pernyataan saksi diantaranya mengenai pertemuan 7 november 2019, kemudian mengenai pengunduran diri terdakwa pada Perkumpulan Pembinaan Mental Karate (PMK) Kyokushinkai.

“Fakta pertama bahwasannya memang rapat 7 november 2019, itu rapat perguruan bukan merupakan rapat perkumpulan dan dibantah oleh pihak terdakwa yang hadir adalah orang orang perguruan. Pembentukan yayasan yang didirikan oleh terdakwa”Ungkap tim penasehat terdakwa  Junior B.Gregorios SH.

Kedua, mengenai pengunduran diri terdakwa liliana. Ini, tidak ada secara tertulis mengenai pengunduran diri terdakwa. Dia hanya menyampaikan lewat telepon. Saksi tidak dapat menunjukkan bukti pernyataan tertulis mengenai pengunduran diri terdakwa. Kata Junior.

“Kemudian, fakta ketiga mengenai rekening. Rekening itu dinyatakan ada di BCA. Namun ternyata di rekening BCA hanya sebesar Rp 20juta Diakui oleh saksi, bahwa dana itu ada di beberapa rekening yang jumlah Rp7.9 Milyar” Ungkap Greg.(red/ram)