Sedangkan HIMPSI antara lain merekomendasikan pendampingan dan konseling psikologi serta menunda kehamilan hingga tercapai kesiapan mental untuk hamil dan mengasuh anak.

Kasus rawan stunting selanjutnya adalah Ibu hamil dalam kondisi kekurangan energi kronik (KEK), berat badan kurang, terpapar asap rokok (perokok pasif), dan jarak kehamilan sebelumnya yang terlalu dekat. Terhadap kondisi rawan stunting bagi bayi dalam kandungan, Tim Pakar merekomendasikan pemenuhan asupan gizi seimbang dengan penambahan energi 180 kkal per hari melalui pemberian 2 keping biskuit khusus per hari (trimester 1), serta konseling bahaya asap rokok.

bkkbn-diy-bersama-dinas-pmd-dalduk-dan-kb-kulon-progo-gelar-aks-tahap-4-di-balai-kalurahan-sendangsariSelain itu juga dirujuk untuk pemeriksaan kehamilan oleh Spesialis Kandungan, dan konsultasi psikologi untuk mengatasi stress selama kehamilan yang beresiko.
Demikian pula enam kasus lainnya mendapatkan rekomendasi dari Tim Pakar sesuai kondisi masing-masing. Rekomendasi tersebut menjadi acuan bagi Tim Teknis dan TPPS setempat untuk pemantauan selanjutnya.