Surabaya Kota, Pacitan – Bertempat di Ruang Pertemuan Kelurahan Ploso Kabupaten Pacitan, pada hari ini (16/11), Perwakilan BKKBN Jatim bersama Dinas-PPKB dan P3A Kabupaten Pacitan menyelenggarakan Internalisasi Pengasuhan Balita dalam Penurunan Stunting kepada masyarakat di Kabupaten Pacitan.
giat-bkkbn-jatim-lomba-dashat-di-pacitanPeserta kegiatan ini adalah keluarga yang memiliki baduta, keluarga yang memiliki balita, kader BKB, PKK, Penyuluh KB di Kabupaten Pacitan dengan total peserta 300 orang. Dalam kegiatan ini juga diadakan lomba Cipta Menu DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting) antar kecamatan.

Pertemuan ini dibuka secara resmi oleh Dra. Jayuk Susilaningtias, MM, Selaku Kepala Dinas PPKB dana P3A Kabupaten Pacitan. Pada sambutannya Ibu Jayuk menyampaikan bahwa angka prevalensi stunting di kabupaten masih tinggi yaitu sebesar 22,7% menurut SSGI 2021, untuk itu ibu Jayuk mengajak semua komponen masyarakat, secara bersama-sama dengan pemerintah menurunkan angka prevalensi stunting yang ada di kabupaten Pacitan.

giat-bkkbn-jatim-lomba-dashat-di-pacitanKegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Yuni Dwi Tjadikijanto, SE selaku Sub Koordinator PEK, dalam sambutannya Yuni menekankan pentingnya masa 1000 HPK, dimasa kualitas seorang manusia sangat ditentukan di masa 1000 HPK karena 80% perkembangan otak seorang manusia dibentuk di masa ini. Selain pemenuhan gizi yang harus dicukupi di masa ini juga harus pegasuhan yang tepat juga memantau perkembangannya.