Kepala Perwakilan BKKBN DIY, Shodiqin, SH, MM selaku tuan rumah turut hadir dan memberikan sambutan pada kegiatan tersebut. Shodiqin, demikian beliau akrab disapa, menyampaikan rasa terima kasihnya telah memilih DIY menjadi lokasi tujuan untuk saling berbagi informasi dan pengalaman, tentunya dengan situasi, kondisi dan potensi yang berbeda dari Jawa Timur.

“Semoga dari pertemuan ini, akan terjadi diskusi hangat dan ada solusi-solusi yang bisa kita persiapkan untuk pelaksanaan Program Bangga Kencana ke depan,” lanjutnya.

bkkbn-jatim-gelar-rapat-koordinasi-dalam-program-kb-melalui-dak-bokb-di-yogyakartaBerbeda dengan Jawa Timur, wilayah DIY terhitung relatif kecil karena hanya memiliki 4 (empat) kabupaten dan 1 (satu) kota yaitu Kabupaten Bantul, Sleman, Gunungkidul dan Kulonprogo serta kota Yogyakarta. Berdasarkan Renstra BKKBN 2020-2024, Indikator kependudukan dan KB di DIY tercatat antara lain TFR 1.91; angka prevalensi kontrasepsi modern 55,6; unmet need 19,8; ASFR 9,1; iBangga 57,41;  dan Median Usia Kawin Pertama 22,9 tahun.