Dengan berbagai kebijakan yang dijalankan sebagaimana dirumuskan dalam RAN Pasti (Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Angka Stunting Indonesia) tahun 2021-2024. RAN PASTI memiliki target untuk menurukan prevalensi stunting yang ada di Indonesia, yang akan dicapai dengan beberapa intervensi program seperti program dashat atau dapur sehat atasi stunting, audit kasus stunting serta bapak asuh anak stunting.

Selain itu upaya pencegahan stunting dengan memantau kondisi kesehatan para calon pengantin melalui aplikasi Elsimil, apakah ideal untuk hamil ataui belum ideal. Belum ideal artinya perlu menunda hamil sampai intervensi berhasil meningkatkan kondisi menjadi ideal.

Selaras apa yang disampaikan Prof. Damanik, Kepala DP3AP2 DIY, Herlina Hidayati pada paparannya menyampaikan Kebijakan dan Strategi Program Pemberdayaan Perempuan di DIY. Herlina menyampaikan bahwa untuk mengetahui kondisi Ibu dan Anak dapat dilihat dari Indeks pembangunan Manusia,Indeks pembangunan gender, dan Indeks pemberdayaan gender.