program-peningkatan-kapasitas-kesehatan-ibu-dan-anak-resmi-dibuka-kepala-bkkbn
Surabaya Kota, Yogyakarta – Pelatihan peningkatan kapasitas Kesehatan Ibu dan Anak Serta Keluarga Berencana (Capacity Building on Maternal Health, Children, and Family Welfare Program) dibuka oleh Kepala BKKBN. Sabtu (5/11).

program-peningkatan-kapasitas-kesehatan-ibu-dan-anak-resmi-dibuka-kepala-bkkbnSambutan dimulai dengan penjelasan program pelatihan tersebut oleh Kepala Pusat Pelatihan, Kerjasama Internasional Kependudukan dan KB (PULIN), Dr Ukik Kusuma Kurniawan, SKM, MPS, MA. Ukik menyampaikan tujuan dari pelatihan yaitu untuk meningkatan status Kesehatan dari ibu dan anggota keluarga, meningkatkan kemampuan ibu mengenai pengetahuan, sikap dan perilaku pada diri seorang ibu maupun pada anggota keluarganya, meningkatkan kemampuan dan memobilasasi partisipasi dari komunitas-komunitas yang ada.

Dengan demikian program kependudukan dan KB bukan hanya bertumpu pada pemerintah namun juga melibatkan komunitas yang ada. Kepala Pulin berharap setelah pelatihan ini peserta mampu mengimplementasikan di negara asalnya ilmu mengenai peningkatan kesejahteraan ibu dan anggota keluarganya yang didapatkan selama pelatihan.

Selanjutnya Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan, Prof. drh. Muhammad Rizal Martua Damanik, MRepSc, PhD., yang mengisi materi mengenai Kebijakan dan Strategi Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga di Indonesia menyampaikan tentang profil geografis dan budaya Indonesia yang merupakan negara kepulauan yang memiliki beragam budaya dan adat istiadat serta terdiri dari 17000 pulau dan sekitar 6000 pulau yang berpenghuni.