Surabaya Kota, Surabaya – Body Shaming adalah tindakan atau praktik mempermalukan seseorang dengan membuat komentar mengejek dan mengkritisi tentang tubuhnya. Dari penelitian yang dilakukan, terdapat Lebih dari 900 kasus Body Shaming di Indonesia selama 2018.

Dampak Body Shaming adalah : Pertama, Tidak Percaya Diri. Ketika seseorang tidak percaya diri, maka ia akan menjadi seseorang yang ragu – ragu dalam segala hal. Ia akan terlalu memikirkan pandangan serta respon orang lain dalam hidupnya. Akibatnya ia menjadi nampak tidak mampu memutuskan sesuatu karena ini akan merasa salah terus. Ia menjadi tidak dapat mengembangkan diri secara optimal demi keberhasilan dirinya dimasa depan.

Kedua, Depresi. Orang yang depresi maka ia akan cenderung mengurung diri dan memisahkan diri dari lingkungan sosialnya. Akibatnya ia kurang dapat membangun support system secara kokoh dan akan merasa tidak puas dengan dirinya. Ia akan merasa dirinya tidak berharga dan akan mengakibatkan perilaku lain yang akan membahayakan dirinya.

Body Shaming Ketiga, Diet Berlebihan. Ketika seseorang fokus terhadap tubuh kita, maka kita akan merasa kurang nyaman. Oleh sebab itu seseorang yang mengalami body shaming terhadap tubuhnya akan melakukan berbagai cara untuk memperbaiki bentuk tubuhnya tersebut. Apabila ia gagal melakukannya maka kecemasan akan muncul dan akan semakin membuatnya depresi. Akibat lain yang akan dialami yaitu melakukan kegiatan diet secara berlebihan yang berpotensi buruk untuk kesehatannya.

Keempat, Cemas pada Citra Tubuh. Cemasnya seseorang terhadap citra tubuhnya menjadikan ia sulit fokus terhadap hal – hal penting lainnya. Ia akan terlalu memikirkan bentuk tubuhnya dan akan membanding – bandingkan dengan orang lain. Ketika rasa cemas ini terus menerus ia rasakan maka harga dirinya dapat menurun.

Kelima, Bunuh Diri. Saat seseorang mengalami kecemasan dan depresi yang terus menerus, maka perilaku fatal lain yang akan dapat terjadi yaitu tindakan bunuh diri. Betapa dahsyat pengaruh citra diri pada seseorang yang akan menyebabkan ketidakberhargaan diri serta membuat ia membenci dirinya sendiri.

Keenam, Gangguan Psikologis lainnya. 32% korban Body Shaming akan melakukan hal serupa kepada orang lain. Sehingga jika kita tidak segera mengatasi kebiasaan buruk dan mengurangi intensitas kebiasaan ini maka kita akan turun membiarkan pelaku body shaming akan terus menjamur dari masa ke masa dan akan menjadi sebuah kewajaran.