Pembentukan Rumah Sakit Unggulan ini akan didahului dengan penandatanganan MoU antara OPD KB Kabupaten/Kota dengan rumah sakit tersebut. Rumah Sakit Unggulan PKBRS ini akan mejadi pusat pemasangan IUD, pusat pemasangan susuk/implan, pusat pelayanan MOP dan MOW dan juga dapat menjadi Rumah sakit percontohan pelayanan KB.

” Selain itu rumah sakit ini juga diharapkan dapat bekerja sama dengan sentra-sentra pendidikan sebagai tempat preservice training sehingga dapat mencetak tenaga kesehatan yang siap melayani KB. Pada tahun 2021 tersebut Rumah Sakit Unggulan yang terpilih adalah RS Aura Syifa Kediri,” turut bu Erna.

Adapun ada beberapa dari Rumah Sakit yang mendapatkan penghargaan lomba PKBRS yang diselenggarakan oleh BKKBN. diantaranya RSUD Kota Madiun. Mendapatkan penghargaan Pengembangan Video Promosi Program Bangga Kencana terbaik 2 yang selanjutnya di promosikan di kanal-kanal lokal dan internasional, dengan tema Post Partum Family Planning.

RSUD Lawang. Juara I Rumah Sakit Tipe C Lomba PKBRS Tingkat Nasional tahun 2020, RS Bhayangkara Tk. III Nganjuk, Juara II RS TNI/POLRI Lomba PKBRS Tingkat Nasional Tahun 2020.

” Penghargaan yang diraih harapannya dapat menjadi motivasi Rumah Sakit lain bersama OPD KB terkait untuk lebih mengedepankan kembali Pelayanan KB di rumah Sakit dan menjadikan pelayanan KB Pasca Persalinan menjadi Primadona,” ucap bu Erna.