Satriyo Widodo Terpilih Sebagai Kelompok KB Pria Terbaik DIY 2023
Surabaya Kota, Yogyakarta – Dari pemaparan lima peserta pada Penilaian Kelompok KB Pria Terbaik di Aula Perwakilan BKKBN DIY, Kamis (04/05/2023) terungkap bahwa hampir setiap pria peserta KB (Kondom dan Vasektomi) berpartisipasi dalam ber-KB karena rasa sayang dan kasihan kepada sang istri.

Satriyo Widodo Terpilih Sebagai Kelompok KB Pria Terbaik DIY 2023

“Istri sudah berat bebannya. Sebagian turut bekerja mendukung ekonomi keluarga, namun tetap mengerjakan tugas-tugas rumah tangga dan mengurus anak, masih harus ber-KB yang punya tingkat resiko. Maka kami para bapak rela ber-KB agar istri tercinta tetap sehat,” demikian rata-rata jawaban para peserta KB Pria jika ditanya alasannya ber-KB.

Seperti diketahui, alat kontrasepsi hormonal (pil, suntik, implant) mempengaruhi keseimbangan hormonal dan bagi yang tidak cocok bisa beresiko haid tidak teratur, kegemukan, muka berjerawat dan lain-lain. KB non hormonal juga bukan tanpa resiko. IUD jika tidak terpasang dengan benar bisa menimbulkan flek/perdarahan, juga rasa sakit saat berhubungan atau saat mengangkat beban. Satu lagi metode yaitu MOW, dilakukan dengan operasi besar dengan segala resikonya.

Sementara KB Pria jauh lebih kecil resikonya. Kondom nyaris tidak beresiko karena jarang ditemui pengguna yang menderita alergi lateks. Paling hanya merasa kurang nyaman dan kurang praktis saja, selain itu kondom jarang dikeluhkan. Vasektomi atau MOP, walau dilakukan dengan operasi namun karena sasaran operasi yaitu saluran mani ada di luar rongga tubuh sehingga hanya perlu operasi ringan dengan bius lokal dan bisa selesai kurang dari 20 menit jika tidak ada faktor penyulit.