Surabaya Kota, Yogyakarta – Menyadari besarnya peran Kalurahan dalam keberhasilan program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting, Kepala Perwakilan BKKBN DIY Shodiqin bersama Sekretaris dan para Penanggung Jawab Bidang melakukan pertemuan koordinasi dengan Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda DIY Achmad Ubaidillah atau lebih dikenal sebagai Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Yudanegara, pada Jumat (2/2/2023) bertempat di ruang rapat Biro Tapem.

sadari-pentingnya-program-bangga-kencana-bkkbn-diy-gelar-pertemuanTiga agenda pokok yang dikoordinasikan meliputi Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB), Duta Genre di tingkat Kalurahan, dan penguatan upaya Percepatan Penurunan Stunting di tingkat Kalurahan.

Shodiqin menegaskan kembali bahwa berdasarkan Inpres Nomor 3 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) maka pada tahun 2024 semua Desa atau Kalurahan harus menjadi Kampung KB.

“Saat ini di DIY tercatat baru memiliki 188 Kampung KB dari seluruh kalurahan dan kelurahan sejumlah 438 yang tersebar di lima wilayah kabupaten/kota. Sedangkan untuk tahun ini DIY diberikan target sebanyak 352 Kampung KB,” ungkap Shodiqin.

Selain Kampung KB, setiap kalurahan juga diharuskan memiliki Duta Generasi Berencana (Duta Genre). Selama ini keberadaan Duta Genre baru sampai pada tingkat Kapanewon dan Kabupaten/Kota saja. Selanjutnya Lurah sebagai panutan warganya perlu dibekali dengan pemahaman pentingnya program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencan (Bangga Kencana), tidak terkecuali upaya percepatan penurunan stunting.