“Asalkan kita bisa berikan pengertian dan pemahaman tentang Program Bangga Kencana melalui Paguyuban Nayantaka, maka perangkat kalurahan dan padukuhan akan bergerak,” demikian disampaikan Kepala Biro. Pihaknya menjanjikan akan memfasilitasi pertemuan dengan Pengurus Paguyuban Nayantaka.

Paguyuban Lurah dan Perangkat Kalurahan (termasuk Perangkat Padukuhan) Nayantaka merupakan induk Paguyuban Lurah dan Perangkat Kalurahan di empat kabupaten, yakni Bodronoyo (Kulon Progo), Tunggul Jati (Bantul), Semar (Gunungkidul), dan Suryo Ndadari (Sleman). Ketua Umum Nayantaka 2022 – 2025 adalah Gandang Hardjanata (Lurah Tamanmartani, Kabupaten Sleman) dan Sekretaris Jenderal Heri Yuliyanto (Lurah Ngloro, Kabupaten Gunungkidul).

Nayantaka merupakan akronim ‘Nayaka’ (pemimpin/pamomong), ‘Pelayan’ (yang meringankan beban orang lain), ‘Warata’ (adil), dan ‘Kartaraharja’ (sejahtera lahir batin). Secara harfiah berarti pemimpin yang meringankan beban orang lain, berlaku adil, dan bertujuan mensejahterakan masyarakatnya secara lahir dan batin. Nama paguyuban ini diberikan oleh Gubernur DIY, mengambil nama alias dari tokoh pewayangan Semar, yang merupakan pamomong Pandawa.

sadari-pentingnya-program-bangga-kencana-bkkbn-diy-gelar-pertemuan