deputi-latbang-bkkbn-gagaskan-inovasi-food-bank-bank-lumbung-pangan
Surabaya Kota, Yogyakarta – Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan BKKBN (Deputi Latbang BKKBN), Prof. drh. M. Rizal Martua Damanik, MRepSc, PhD melontarkan gagasan mengenai pembentukan Food Bank atau Bank Lumbung Pangan (Balungan).

deputi-latbang-bkkbn-gagaskan-inovasi-food-bank-bank-lumbung-pangan
Damanik menyampaikan hal tersebut saat mengunjungi Center of Excellence Kampung Keluaga Berkualitas Desa Bugel, Kecamatan Panjatan Kulon Progo pada Kamis (23/2). Rizal Damanik didampingi Kepala Pusat Pelatihan dan Kerja Sama Internasional KKB Ukik Kusuma Kurniawan beserta Jajaran, dan diterima oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulon Pprogo Drs. Ariadi MM dan Kepala Desa Bugel Sunardi. Dari Perwakikan BKKBN DIY hadir Korbid Latbang Joehananti Chriswandari mewakili Kaper BKKBN DIY Shodiqin SH, MM,.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021, BKKBN diberikan amanah oleh Presiden RI sebagai koordinator percepatan penurunan stunting di Indonesia. Dengan target yang harus dicapai yaitu angka 14 persen pada tahun 2024. Berdasarkan data SSGI tahun 2022 angka stunting Indonesia masih tinggi yaitu sebesar 21,6 persen. Untuk mencapai angka 14 persen pada tahun 2024 memerlukan upaya yang serius dan juga memerlukan berbagai strategi dan inovasi.

“Salah satu inovasi yang bisa diterapkan adalah Food Bank,” terang Damanik. Hal ini mengingat Indonesia adalah negara agraris namun belum memiliki food management yang baik.

“Indonesia adalah negara yang kaya akan hasil pertanian. Sayangnya banyak hasil pertanian yang terbuang sia-sia karena tidak memenuhi standar pasar, padahal dapat dikonsumsi dan bergizi.” kata Damanik.