Selanjutnya, pasar tradisional juga merupakan tempat dimana banyak sayur-mayur yang terbuang, misalnya karena sudah layu. Sedangkan restoran, hotel dan lain sebagainya merupakan kontributor banyaknya bahan makanan layak yang terbuang.deputi-latbang-bkkbn-gagaskan-inovasi-food-bank-bank-lumbung-pangan

Sebagai negara pertanian yang belum begitu maju dalam produksi, penangananan dan pengolahan paska panen, serta distribusi dan konservasi hasil pertanian tanaman pangan maka Indonesia masih menghadapi masalah pokok berupa food loss dan food waste.

Food loss adalah hilangnya manfaat bahan makanan yang terjadi pada posisi awal dalam rantai pasokan, sebelum makanan mencapai konsumen. Food loss bisa terjadi saat proses cocok tanam, pasca panen, pemrosesan, atau transportasi.

Artinya sebelum mencapai konsumen bahan pangan mengalami kehilangan manfaat sehingga menjadi tidak layak dikonsumsi sehingga terbuang atau terpaksa dibuang.
Kehilangan manfaat bisa terjadi karena gagal panen, penanganan paska panen dan pengolahan yang buruk, atau bisa juga karena harga jatuh sehingga hasil pertanian sengaja tidak dipanen dan dibiarkan busuk karena ongkos panen dan distribusi lebih mahal dari harga jual.