Turut hadir pada acara ini MY Esti Wijayanti, anggota DPR RI Komis VIII yang concern pada permasalahan stunting ini.
“Beberapa waktu lalu saya berkunjung ke Karangmojo Gunungkidul, dan menjumpai angka stunting masih tinggi, mencapai 35% untuk kecamatan ini,” demikian disampaikan Esti. Ditambahkannya, kemiskinan cukup berkorelasi dengan angka stunting, sehingga penanganan permasalahan stunting harus menyeluruh. MY Esti Wijayanti selanjutnya didaulat untuk membuka seminar dengan memukul gong.

Direktur RSKIA Sadewa dokter Joko Hastaryo menyampaikan terima kasih atas kerjasama dengan BKKBN dalam seminar ini. Bagi Hastarnyo kegiatan ini sekaligus merupakan hadiah ulang tahun RSKI Sadewa yang ke-18 pada 7 Februari lalu.
“Setelah dua tahun kami memperingati ulang tahun dengan sederhana dan terbatas karena pandemi, bersyukur pada tahun ini kami dapat mengadakan kegiatan yang meriah ini” tutur Hastarnyo.

hasto-wardoyo-peran-bidan-sangat-strategisSelain keynote speakers Kepala BKKBN Hasto Wardoyo dan anggota DPR RI MY Esti Wijayanti, seminar diisi dengan paparan para nara sumber lainnya. Dr. Oktavianus Wahyu PTP Sp.OG membawakan topik tentang pentingnya kehamilan yang sehat dan penggunaan kontrasepsi dalam penceggahan stunting. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa semakin jauh jarak kelahiran berkolerasi dengan makin rendahnya kurang gizi pada balita. Stunting bisa berkurang 10% – 50% dengan jarak kelahiran di atas tiga tahun.