bkkbn-diy-hadiri-seminar-pskk-ugm-menyikapi-hasil-sp2020

 

Surabaya Kota, Yogyakarta – Fakultas Geografi dan Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan  Universitas Gadjah Mada (PSKK UGM) menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk “Isu dan Kebijakan Kependudukan Menyongsong Indonesia Emas : Menyikapi hasil Sensus Penduduk 2020 (SP2020), Senin (20 Februari 2023) bertempat di Auditorium Merapi Fakultas Geografi.

bkkbn-diy-hadiri-seminar-pskk-ugm-menyikapi-hasil-sp2020

 

Deputi Pengendalian Penduduk BKKBN Dr Bonivasius Prasetya Ichtiarto, SSi, MEng. dan Direktur Kependudukan dan Jaminan Sosial BAPPENAS Mohammad Cholifiani MA Ph.D hadir sebagai narasumber bersama Direktur Analisis dan Pengembangan Statistik Badan Pusat Statistik Dr. Ali Said dan Dr. Sukamdi dari Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan.

Seminar dibuka oleh Dekan Fakultas Geografi UGM, Dr. Danang Sri Hadmoko, S.Si., M.Sc. dan dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN DIY Shodiqin SH, MM.

Dalam seminar ini bahasan utama mengenai hasil Long Form SP2020 yang dilaksanakan pada tahun 2022 lalu. Dari paparan Dr. Ali Said, secara nasional dapat dilihat bahwa Long Form menunjukkan indikator kependudukan semakin membaik menuju penduduk tumbuh seimbang. Namun yang perlu diwaspadai adanya disparitas antar wilayah yang menuntut perlakuan atau kebijakan yang tidak bisa disamaratakan untuk semua provinsi, bahkan dalam satu provinsi antar kabupaten/kota mungkin diperlukan perlakuan dan kebijakan yang berbeda.

Salah satu contohnya, disparitas, Angka Kematian Balita (AKB). Penurunan AKB di Indonesia dihadapkan pada tantangan adanya disparitas Angka Kematian Balita yang sangat tinggi antar kabupaten/kota. Angka Kematian Balita (Under 5 Mortality Rate/U5MR) Indonesia hasil Long Form SP2020 sebesar 19,83 per 1.000 kelahiran hidup, sementara Provinsi Papua mempunyai AKB tertinggi (49,04) dibandingkan Provinsi DKI Jakarta dengan AKB terendah (12,02).