Selanjutnya disampaikan juga paparan materi dari Ketua Satgas Percepatan Penurunan Stunting (PPS) DIY Heny Asteria terkait Pendampingan AKS BOKB. Heny menjelaskan bahwa penyerapan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non-Fisik (BOKB) AKS kabupaten/kota di DIY mencapai 100% untuk 4 kabupaten/kota. Hanya Kabupaten Gunungkidul saja dengan penyerapan 97%.

Terakhir, paparan materi dari Drs. Ariadi, MM selaku Kepala DPMDPPKB Kabupaten Kulon Progo terkait Strategi Kabupaten Kulon Progo dalam Percepatan Penurunan Stunting Melalui Peningkatan Capaian KB Pasca Salin. Sebagai informasi, persentase balita stunting di Kabupaten Kulon Progo berdasarkan data Puskesmas adalah 10.38% tahun 2021 dan 9.94% tahun 2022.bkkbn-kalsel-giat-capacity-building-manajemen-audit-stunting-ke-diy

“Salah satu upaya yang kita lakukan untuk menurunkan angka stunting adalah dengan meningkatkan capaian KB Pasca Persalinan. Capaian KB Pasca Persalinan di angka 29.65% tahun 2021 dan 27.75% pada November 2022,” ungkap Drs. Ariadi dalam penjelasannya terkait upaya percepatan penurunan stunting melalui KB Pasca Persalinan di Kabupaten Kulon Progo.