Dalam kegiatan Rakernas ini nantinya, pembahasan dan diskusi yang akan dilakukan, semua tidak akan terlepas dari visi dan misi dari wakomindo.

Adapun visi wakomindo yakni, Peningkatan Kualitas Wartawan dengan mengikuti Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) dari Negara.

Sedangkan Misinya adalah ; 1. Sebagai wadah wartawan yang mempunyai Sertifikat Kompetensi Wartawan dari Negara. (Lembaga Sertifikasi Profesi /LSP yang terverifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi/BNSP).
2. Pengembangan kemampuan profesi wartawan.
3. Kerjasama Dengan Pemerintah dalam peningkatan kualitas Wartawan dengan mengadakan pelatihan, seminar, pendidikan dan membantu proses pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW).

Dedik menambahkan, Wakomindo dalam kaitannya dengan sistem sertifikasi, LSP-PERS mempunyai fungsi dan peran sebagai berikut, yakni berfungsi sebagai sertificator dalam melaksanakan sertifikasi kompetensi dan sebagai developer dalam melakukan pemeliharaan termasuk pengembangan standar kompetensi

Selain itu, dikatakannya Wakomindo juga diharapkan mampu berperan dapat
menyediakan tenaga penguji/ asesor, melakukan asesmen, menyusun skema kompetensi berdasarkan SKKNI dan memelihara kinerja asesor dan Tempat Uji Kompetensi (TUK) serta
mengidentifikasi kebutuhan kompetensi industri, juga mengembangkan standar kompetensi maupun mengkaji ulang standar kompetensi.

Dengan demikian diharapkannya, Wakomindo ke depan akan menjadi wadah yang mampu menyelaraskan perkembangan teknologi
serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan dan atau meningkatkan profesi pers di bidang teknologi informasi.

Bukan itu saja, Dedik berharap melalui Rakernas Wakomindo yang pertama ini, selain akan membahas dan mendiskusikan bagaimana membangun, memperkuat, mensosialisasikan, memperbaiki, serta menyelaraskan standar dalam perkembangan cloud computing dan teknologi lain yang terkait dalam dunia jurnalistik.