Sindikat Post, Surabaya – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perdana 22 Desember 2022 merupakan ajang diskusi nasional dalam merumuskan program kerja bagi Wartawan Kompetensi Indonesia (Wakomindo) yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur.

Wakomindo adalah sebuah perkumpulan yang didirikan dan diprakarsai oleh asesor dan wartawan yang mempunyai Sertifikat Kompetensi Wartawan (SKW) yang diterbitkan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) melalui LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) Pers Indonesia.

Wakomindo

Wakomindo sebagai sebuah organisasi pers yang lahir bertujuan untuk meningkatkan kualitas Profesi Wartawan, dimana anggotanya adalah Wartawan Kompetensi yang telah mengikuti Sertifikasi Kompetensi Wartawan bersertifikat Negara (Logo Burung Garuda), sesuai agenda yang telah disepakati bersama, akhirnya dapat melangsungkan kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pertamanya pada tanggal 22 Desember 2022 bertempat di Surabaya, Jawa Timur.

Wakomindo Kegiatan ini merupakan Rapat Kerja Nasional yang pertama sejak Wakomindo berbadan hukum berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan nomor AHU-0010546.AH.01.07.Tahun 2022 Tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Wartawan Kompetensi Indonesia tertanggal 19 Oktober 2022.

Rakernas yang rencananya akan dihadiri lebih kurang 30 orang pengurus perwakilan dari seluruh Indonesia selain akan membahas serta merumuskan program kerja ke depan, juga memprioritaskan akan merekomendasi untuk mengisi posisi Kepengurusan di Provinsi dan Kabupaten / Kota di seluruh Indonesia.

Dedik Sugianto saat dikonfirmasi oleh media ini terkait persiapan rakernas perdana tersebut menekankan, pentingnya standarisasi sumber daya wartawan yang profesional melalui Standar Kompetensi Kerja Khusus (SKKK)  atau Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Dedik berharap nantinya Wakomindo dapat berperan aktif dan menjadi penggerak dalam pelaksanaan standarisasi profesi kompetensi wartawan tersebut.

WakomindoDedik mempunyai harapan, Wakomindo ke depan akan bisa menjadi wadah bagi berbagai pihak untuk berkolaborasi demi kemajuan profesional wartawan di Indonesia, khususnya terkait dengan Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) dengan target ke depan semua provinsi akan memiliki SDM pers, sesuai dan seiring berjalannya waktu SKW dapat di ikuti oleh wartawan di seluruh provinsi.

Dikatakannya, bagi setiap anggota yang mempunyai visi yang sama dalam meningkatkan SDM di Pers, dan telah mengikuti Sertifikasi Kompetensi Wartawan bersertifikat Negara (Logo Burung Garuda) dapat mengisi posisi Kepengurusan 34 Provinsi, dan Kepengurusan Kabupaten / Kotamadya.

Dedik juga berharap, bagaimana Wakomindo bisa mempunyai pondasi dasar yang baik dan kuat supaya bisa berjalan dengan baik dan besar, maka diperlukan adanya sinergi yang baik antara dunia profesi jurnalistik dengan semua lembaga kemasyarakatan yang ada dan juga dunia usaha, terutama pemerintahan di setiap daerah, hingga dapat mewakili dunia pers sebagai langkah bersama dalam mengayomi kehidupan normalisasi pers yang profesional dan bertanggung jawab.