Ketua Juken Kudus Jhony Dwi Harjhono menyampaikan bahwa Juken se Jawa Tengah telah didorong oleh Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Tengah untuk turut berpartisipasi dalam mengelola dan mengembangkan Sekolah Lansia. Untuk itu sengaja mengajukan ijin untuk melakukan studi tiru di Kelompok BKL ini yang pengelolaannya telah berjalan baik sekali dan berperestasi nasional.

“Juang Kencana Kudus ingin mendirikan kelompok BKL yang akan menyelenggarakan sekolah lansia di kudus. Nanti dimulai dari anggota juang Kencana dulu sebagai mahasiswa sekolah lansia,” kata Jhony.

Sebelumnya pada Selasa (06/12/2022), BKKBN Yogyakarta menerima kunjungan belajar dari BKKBN Perwakilan Sulawesi Barat.

Bahkan pada November bulan lalu, BKKBN Yogyakarta menjadi tempat belajar bagi 30 orang tenaga kesehatan dan penggiat sosial dari Afghanistan.

Wilayah Yogyakarta memang tidak terlalu luas dengan penduduk 3,6 juta jiwa. Dengan hanya empat Kabupaten dan satu Kota maka koordinasi yang dilakukan oleh Perwakilan BKKBN DIY dengan mitra kerja menjadi lancar. Tidak heran sejumlah indikator capaian program menunjukkan prestasi yang bagus.

Dalam hal penurunan angka stunting yang saat ini sedang gencar di seluruh provinsi, DIY berada pada angka 17,3% di tahun 2021 (dari target nasional 2024 sebesar 24%), atau provinsi dengan angka stunting terendah ketiga.