Inovasi Bank SEgSI di implementasikan di Bank Sperma UPT Inseminasi Buatan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, guna menjamin kualitas sebanyak 3,2 juta dosis semen beku yang terdistribusi di 34 kabupaten dan kota untuk pelayanan kawin suntik pada 1,9 juta ekor ternak sapi betina.

bank-segsi-dinas-peternakan-jatim-raih-penghargaan-inovasi-terbaik-kovablik-2022Lebih lanjut Indyah menerangkan bahwa, sebelum penerapan inovasi Bank SEgSI, perhitungan dan pengecekan semen beku pada kontainer depo dan kontainer distribusi dilakukan secara manual. Hal tersebut mempertinggi resiko kerusakan semen beku atau sperma beku, serta terjadinya keterlambatan distribusi pengiriman Nitrogen Cair sehingga terjadi kematian pada semen beku.

Diterangkannnya juga, bahwa petugas Bank Sperma didominasi oleh pegawai pria karena memerlukan tenaga yang besar untuk melaksanakan mobilisasi kontainer. Selain itu dari segi administrasi sebelum penerapan inovasi Bank SEgSI, pencatatan data penggunaan dan distribusi (BAST) semen beku dilakukan secara manual, sehingga proses penelusuran dan evaluasi penggunaan semen beku belum dapat dilaksanakan secara maksimal.