Keberhasilan penurunan stunting di Indonesia tentunya tidak lepas dari dukungan mitra lintas sektor termasuk komponen masyarakat itu sendiri. Perwakilan BKKBN Jawa timur bersama mitra dan masyarakat melalukan pendampingan penyadaran tentang pentingnya pengasuhan 1000 HPK dan Balita melalui kegiatan kelompok Bina Keluarga Balita dalam bentuk sekolah orang tua hebat, yang dalam waktu dekat akan dilaksakanan wisuda SOTH secara serempak di beberapa Kabupaten Kota, ujar tuti.

Promosi pengasuhan 1000 HPK dan balita yang berkelanjutan diharapkan terus dilaksanakan di kabupaten kota dengan membuka SOTH tahap kedua dan pengembangan SOTH di wilayah lainnya, tukas tuti selanjutnya.

Setelah resmi dibuka, acara dilanjutkan dengan materi Evaluasi Pelaksanaan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) yang disampaikan oleh Sub Koordinator Balita Anak dan Lansia yaitu Ibu Nur Hotimah, S.Sos, M.PSDM. Dihari kedua peserta mendapatkan materi tentang pengasuhan Balita yaitu Pemantauan perkembangan dan stimulasi Balita melalui KKA, Poster Penting, Kalender pengasuhan bagi ibu hamil, Kalender pengasuhan bagi anak Baduta, Pengasuhan ABK dan peran Ayah. Dan di hari akhir peserta mendapatkan materi dari Psikolog anak tentang mengenali potensi pada anak.