Satgas Udara TNI untuk G20 ini akan melibatkan empat pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara, masing-masing 2 jet sergap F-16 dan 2 jet tempur Sukhoi Su 27 serta Sukhoi Su 30. Selain itu Satgas ini juga menyiapkan 13 helikopter yang terdiri atas 5 helikopter TNI-AL, 2 helikopter TNI-AD, dan 6 helikopter TNI-AU. Ada pula 2 pesawat angkut Hercules C-130 yang disiapkan oleh satgas udara, khusus untuk keperluan darurat evakuasi medis.

‘’Kami juga menyiapkan satu pesawat Boeing VIP apabila diperlukan sebagai tambahan. Kemudian, juga ada pesawat Boeing, jumlahnya dua unit, yang fungsinya sebagai pengintai. Jadi secara umum kekuatan itu yang kami gelar,” jelas Andika.

Satgas udara juga melibatkan 19 pangkalan udara (Lanud), yang terbentang dari Sumatra, kecuali Provinsi Aceh yang dianggap terlalu jauh dari Bali. Pelibatannya ada di sejumlah lanud di Jawa, Bali, Lombok, bahkan Kalimantan (Banjarmasin dan Balikpapan). “Itu pangkalan udara sejumlah 19 total dan satu pelabuhan. Jadi itulah yang kami siapkan,” imbuh Andika.