Sindikat Post, Jakarta – Ajang “Gaung Muda Indonesia” yang digelar di Kota Solo, Jawa Tengah, menjadi agenda utama dari Y20 Post-Summit. Perhelatan Y20 Post-Summit 2022 merupakan tindak lanjut dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y20 Indonesia 2022 yang diselenggarakan pada 17–24 Juli 2022 di Jakarta dan Bandung.

y2o-siap-mengkontribusi-anak-muda

Diikuti oleh kurang lebih 80 delegasi dari negara G20, beserta beberapa pengamat dari negara sahabat dan organisasi internasional, tema yang diusung adalah “From Recovery to Resilience: Rebuilding the Youth Agenda Beyond Covid-19”. Ada empat area prioritas yang dibahas dalam acara ini yakni, Planet yang Berkelanjutan dan Layak Huni, Ketenagakerjaan Pemuda, Transformasi Digital, serta Keberagaman dan Inklusi.

Kegiatan Y20 Indonesia di Solo yang digelar pada 28-30 Oktober 2022 diramaikan dengan presentasi ide dan gagasan dari para finalis pemuda. Terkait, bagaimana mengaplikasikan hasil G20 dan Y20 Indonesia di komunitas, organisasi, dan daerahnya masing-masing.

Menurut Co-Chair Y20 Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, kegiatan Y20 Post-Summit di Solo merupakan acara nasional untuk mendekatkan pemimpin-pemimpin inovatif dengan para pemuda yang memiliki gagasan-gagasan brilian. Dari forum nasional itu diharapkan bakal melahirkan pemimpin muda berikutnya, serta membuka jaringan dan kolaborasi kaum muda dengan para pengambil keputusan di pemerintah maupun swasta.

y2o-siap-mengkontribusi-anak-mudaKebetulan agenda ini bertepatan dengan momentum Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2022. Sejumlah kepala daerah pun hadir membagikan pengalaman dan inspirasi bagi peserta Y20.