Pengetahuan Kespro disesuaikan dengan apa yang perlu dipahami anak seusia mereka. Materi diberikan secara terpisah bagi siswa oleh dokter Fathur dan bagi siswi oleh Ibu Zulismar. Anak-anak terlihat sangat antusias menerima penjelasan dari kedua narasumber tersebut. Pertanyaan-pertanyaan aneh dan lucu bagi orang dewasa pun terlontar, seperti disampaikan oleh anak yang belum pernah mengalami mimpi basah yang bertanya apakah mimpi basah itu terasa sakit. Seorang murid bahkan ada yang tidak paham apa itu pengertian hubungan seks dan menanyakan bagaimana sperma pria bisa bertemu dengan sel telur wanita.

Materi yang ditekankan oleh narasumber adalah bagaimana perilaku sehat dalam bergaul dengan teman lawan jenis dan orang dewasa lainnya agar terhindar dari kemungkinan pelecehan dan kekerasan seksual. Demikian pula diberikan edukasi tentang bagaimana menjaga kebersihan dan kesehatan organ reproduksi mereka baik bagi anak laki-laki maupun bagi wanita merawat diri dan organ reproduksi saat mengalami menstruasi.

cegah-pacaran-dini-bkkbn-diy-beri-penyuluhan-di-sd-budi-utamaDisampaikan pula batas-batas sentuhan fisik yang dapat diterima dan tidak patut anak terima dari sesama teman maupun dari orang dewasa. “Jangan ragu untuk menyatakan keberatan atau menolak perlakuan dari orang lain termasuk dari orang dewasa jika mulai memberikan sentuhan fisik yang tidak pada tempatnya,” terang Zulismar.