Aplikasi elektronik siap nikah dan siap hamil (Elsimil) merupakan salah satu upaya yang sedang gencar digalakkan kepada calon pengantin. Ada juga Program GenRe yang menyasar remaja dengan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). Tujuannya satu, yaitu menyiapkan calon ayah dan calon ibu yang tangguh sehingga siap membentuk keluarga yang sejahtera.

“Apalagi paparan informasi dalam bentuk digital melalui gadget yang dipegang anak-anak tidak terhindarkan dapat mempengaruhi persepsi dan perilaku pergaulan antar lawan jenis,” tambahnya.

cegah-pacaran-dini-bkkbn-diy-beri-penyuluhan-di-sd-budi-utamaSeperti sebuah rencana yang dibuat sejak tahap awal, maka kepada anak-anak nantinya akan membentuk keluarga setelah beranjak dewasa, juga perlu dilakukan pembinaan. Tentu materinya disesuaikan dengan pemahaman dan kebutuhan anak-anak. Apalagi anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) saat ini sebagian sudah mulai mengenal aktivitas berpacaran yang apabila tidak dibekali pengetahuan perilaku bergaul yang sehat dapat menjerumuskan. Sebelum terlambat akibat ketidakpahaman sehingga anak-anak salah melangkah, maka pembekalan tentang kesehatan reproduksi dan perilaku yang benar dalam berinteraksi dengan lawan jenis perlu dilakukan sejak dini.