Sementara itu, Indonesia dan Qatar menyepakati perlunya peningkatan kerja sama di bidang perdagangan. Selain kerja sama perdagangan, kedua negara sepakat meningkatkan investasi dan sektor lainnya, termasuk jasa, secara bersama- sama.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat bertemu Menteri Perdagangan dan Industri Qatar Mohammed Bin Hamad Bin Qassim Al Abdullah Al Thani di Doha, Qatar, Senin (10/10/2022).

Menurut Mendag, kedua negara masih belum mengoptimalkan potensi perdagangan bilateral antara kedua negara. Nilai transaksi perdagangan Indonesia dan Qatar di bawah USD1 miliar, dengan didominasi perdagangan migas.

Menteri Zulkifli pun mengajak Menteri Perdagangan dan Industri Qatar bersama-sama meningkatkan kerja sama perdagangan kedua negara secara regional (gulf cooperation council/GCC) dan bilateral. Menteri Zulkifli juga meminta Qatar sebagai salah satu anggota GCC untuk mendorong terlaksananya proses perundingan Indonesia–GCC CEPA yang diinisiasi Indonesia sejak 2018.

Investasi Pemerintah Qatar Pada Sektor Pertanian Dan Pertenakan Di Indonesia

“Indonesia berharap kedua negara dapat membentuk persetujuan Indonesia–GCC CEPA (IGCC– CEPA) sebagai landasan dalam mewujudkan kerja sama ekonomi yang lebih erat dan bermakna,” ujarnya.