Sindikat Post , Kotapraja Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menggelar pertemuan bilateral dengan Menteri Kotapraja dan Lingkungan Hidup Qatar Abdulla Bin Abdulaziz Bin Turki Al Subaie, pada 10 Oktober 2022. Dalam pertemuan itu, Indonesia menjamin kemudahan investasi bagi Pemerintah Qatar yang ingin menanamkan modalnya pada sektor pertanian dan peternakan.

“Dengan kemudahan ini, Qatar dapat memanfaatkan berbagai skema investasi pengembangan komoditas pertanian, sebagai penopang kebutuhan pangan dan pasokan industri berbasis pertanian,” ujar Menteri SYL, Kamis (13/10/2022).

Bagi Menteri SYL, selama ini Qatar memiliki peranan yang sangat penting dalam menguatkan ekonomi Indonesia. Terutama, pada pembangunan jaringan pasar nontradisional pertanian Indonesia.

Investasi Pemerintah Qatar Pada Sektor Pertanian Dan Pertenakan Di Indonesia

Sejalan dengan itu, Qatar langsung menyambut baik tawaran Indonesia. Mereka bahkan siap membangun industri pengolahan susu berskala besar. Menteri SYL menilai, kerja sama ini merupakan kesempatan yang baik untuk peningkatan nilai investasi di dalam negeri.

“Pembangunan peternakan sapi perah yang terintegrasi dengan pabrik susu berskala besar tentunya dapat memberikan peluang bagi pengembangan industri susu nasional. Apalagi kebutuhan susu kita masih dipenuhi impor. Sebab susu yang diproduksi di dalam negeri hanya mampu berkontribusi kurang lebih 20 persen,” kata Menteri SYL.

Di sisi lain, Menteri SYL optimistis, Indonesia dapat menjadi salah satu pemasok produk pangan terbaik ke Qatar. Mengingat secara struktur tarif, hampir sebagian besar produk pertanian di Qatar sudah rendah.