Bapak Dandim 0802/Ponorogo Letkol Inf Hirta Juni Ardiansyah, S.Sos.,M.Han., menambahkan jika penduduk yang besar seperti Indonesia merupakan suatu aset yang bisa mendukung suksesnya pembangunan apabila diikuti dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Namun penduduk yang besar bisa menjadi ancaman apabila terjadi ledakan Sumber Daya Manusianya yang kurang berkualitas akibat kurang bisa mengolah demografi secara benar Dalam mengolah demografi di Indonesia dilakukan salah satunya melalui pengaturan jarak kelahiran dengan program Keluarga Berencana.

TNI Manunggal

Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan salah satu komponen bangsa dan mitra terbaik dalam bidang pengendalian penduduk melalui Keluarga Berencana dengan dengan tujuan akhirnya peningkatan sumber daya manusia. Dalam hal bermitra dengan Keluarga Berencana, TNI melalui jajarannya serta Babinsa siap untuk mencari akseptor KB terutama kontrasepsi yang memakai sistem MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) yaitu MOW, MOP, IUD, IMPLANT, dan juga Non MKJP (suntik, pil, dan kondom) dengan harapan masyarakat memiliki alat kontrasepsi yang berkualitas di seluruh wilayah kabupaten Ponorogo. Hari ini, diadakan kegiatan Sosialisasi Pelayanan KB Terintegrasi yaitu TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu.

Momentum ini melibatkan 3 sektor yang terkait yaitu TNI, DINAS PPKB dan Kesehatan dengan ketentuan :
1). Pelayanan KB dalam rangkaian kegiatan TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu tahun 2022, dilaksanakan tanggal 1 Agustus sampai dengan 5 Oktober 2022 (bersama dengan puncak acara hari TNI)