Program Prioritas BKKBN dalam mendukung Prioritas Nasional (PN) meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing antara lain adalah peningkatanakses dan mutu pelayanan kesehatan, dengan penekanan pada penguatan pelayanan kesehatan dasar (Primary Health Care) dan peningkatan upaya promotif dan preventif melalui Kegiatan Prioritas Peningkatan Kesehatan Ibu Anak, KB dan Kesehatan
Reproduksi.

BKKBN Jatim

Salah satu sasaran program BKKBN saat ini adalah: Generasi X, Millenials, dan Zillenial. Lebih Fokus pada millennials (usia 15-39 th). Generasi ini sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, dalam konsep diri, konsep hidup, dan penggunaan teknologi. Dari jumlah 265 juta penduduk yang telah tercatat, terdapat 81 juta merupakan generasi millennials. Lalu, pendekatan sebelumnya untuk era Baby Boomer (lahir di era 1946- 1955) sudah tidak relevan.

Stunting merupakan gangguan tumbuh kembang pada anak akibat kurang gizi kronis karena kurangnya gizi yang berkepanjangan. Kondisi ini menyebabkan anak mengalami keterlambatan tumbuh dimana tinggi badan lebih pendek dari anak lain seusianya.