Untuk praktek lapangan para peserta akan mendapatkan kesempatan mengembangkan ketrampilannya dengan menerapkan hasil pembelajaran melalui alat peraga (phantom) maupun kepada klien secara langsung sebagai tuntutan penilaian kompetensi.

Proses peembelajaran dalam pelatihan ini menggunakan Learning Management System (LMS) melalui website e-learning Latbang Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur (https://elearning.latbangbkkbnjatim.com) dimana seluruh perangkan diklat secara daring telah tersedia, demikian juga untuk fasilitas tatap muka secara maya akan disampaikan melalui video conference atau meeting conference. Sedangkan komunikasi yang menunjang dalam proses pembelajaran akan difasilitasi ke dalam grup peserta berupa Whatsapp Group .

Untuk kegiatan tatap muka secara langsung (luring) dalam bentuk klasikal seusai pembelajaran secara daring akan dilaksanakan disuatu tempat pembelajaran yang memadai yang dapat pula memfasilitasi praktek lapang dengan alat peraga. Selanjutnya untuk praktek lapangan dengan klien, akan difasilitasi di lokasi klinik pelayanan ibu dan anak (Klinik PKBI).

Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi yang diselenggarakan oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur ini, bertujuan untuk mempersiapkan para bidan memiliki kompetensi dalam melakukan pelayanan kontrasepsi antara lain : memberikan konseling tentang pelayanan kontrasepsi secara lengkap, melakukan pelayanan pemasangan IUD dan pemasangan implant.

Berdasarkan ketentuan penyelenggaraan Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi bahwa peserta dapat dinyatakan kompeten jika telah melakukan pelayanan konseling, pemasangan IUD dan implant kepada masing-masing 3 (tiga) klien sesuai dengan alur yang diajarkan sehingga peserta akan mendapatkan sertifikat sebagai berikut: Sertifikat keikut sertaan dalam Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Sertifikat kompetensi dari organisasi profesi terkait yaitu Ikatan Bidan Indonesia (IBI), dan Surat keterangan untuk pengurusan izin penggunaat kompetensi tersebut. @red.

Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi bagi Bidan Digelar BKKBN Jatim di Faskes Jatim