JAKARTA, Surabaya Kota – Brigjen Pol Rinny Wowor memastikan bahwa Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berkomitmen penuh mengenai kesetaraan gender di lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Salah satu bukti yakni kenaikan pangkat dirinya dari perwira melati tiga atau Kombes menjadi Brigadir Jenderal (Brigjen) atau bintang satu, sehari sebelum Hari Bhayangkara ke-77, pada 1 Juli 2023 kemarin. Selain itu dirinya juga menempati jabatan penting yang belum pernah diemban oleh seorang polwan yakni Sekretaris Umum Badan Kordinasi Pemberantasan Rupiah Palsu (Sekum Botasupal) pada Badan Intelijen Negara (BIN).

“Berdasarkan pengalaman selama 30 tahun bekerja di Institusi Polri, saya menilai bahwa Pimpinan Polri sangat berkomitmen dengan kesetaraan Gender, Mengapa ? karena hal ini sesuai dengan semangat dan tujuan Pembangunan Berkelanjutan yaitu mencapai kesetaraan Gender dan Memberdayakan Semua Perempuan dan Anak Perempuan,” kata Rinny dalam keterangannya, Senin (3/7/2023).IMG 20230703 WA0054

Rinny menegaskan Presiden Joko Widodo memberikan kesempatan dan dukungan penuh bagi srikandi Indonesia untuk jabatan strategis seperti halnya Menteri Keuangan dan Menteri Luar Negeri. Demikian juga pada institusi Polri, dikatakannya, kesetaraan gender dilakukan sebagai gagasan bahwa setiap orang, terlepas dari jenis kelaminnya, memiliki akses yang sama terhadap sumber daya dan peluang.