Kedua, penyemangat bagi kelompok- kelompok kegiatan lain dalam pencegahan dan percepatan penurunan angka stunting. Mendukung pelaksana program pembangunan keluarga dalam upaya percepatan penurunan stunting di wilayah masing-masing.

Ketiga, memperkuat jejaring dan kemitraan dalam rangka sukses dan terlaksananya program percepatan penurunan stunting melalui sinergitas dan kolaborasi para pemangku kepentingan.

Compress 20230521 160934 4371

Pada kesempatan yang sama Ketua Tim Kerja Kependudukan, Ibu Uni Hidayati, SE, MM, menyampaikan bahwa BKKBN melalui kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) secara masif dan terus-menerus melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya pada ibu hamil, keluarga baduta dan keluarga balita tentang pentingnya pengasuhan yang baik di masa 1000 HPK dan balita agar terhindar dari stunting.

Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Anak stunting lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berfikir.

Hampir 50 persen kasus stunting tercipta dari kehamilan baru terlihat ketika anak berusia dua tahun. Oleh Karena itu Periode 1000 HPK merupakan periode penting dalam kehidupan yang sangat mempengaruhi terjadinya stunting pada anak.