BKKBN DIY bersama dengan Mitra Kerja Gelar Sosialisasi 7 Dimensi Lansia Tangguh
Surabaya Kota, Yogyakarta – Perwakilan BKKBN DIY bersama dengan Mitra kerja mengelar Sosialisasi 7 Dimensi Lansia Tangguh dalam Rangka Hari Lanjut Usia Nasional. Kegiatan perdana dilaksanakan di Balai Kalurahan Triharjo, Kapanewon Wates. Selasa (16/5/23).BKKBN DIY bersama dengan Mitra Kerja Gelar Sosialisasi 7 Dimensi Lansia Tangguh

Kegiatan Sosialisasi 7 Dimensi Lansia Tangguh dalam Rangka Hari Lanjut usia Nasional yang dilaksanakan merupakan sebaguan rangkaian peringatan Hari Lanjut Usia Nasional sekaligus sebagai Sarana Edukasi bagj Kader dan Lansia Sebagai Rangkaian Peringatan Hari Lanjut Usia untuk menyukseskan Program DIY Ramah Lansia Menjadikan lansia Bahagia dengan tetap Sehat, Mandiri, Produktif dan Sejahtera.

Penambahan penduduk lansia di DIY juga karena diikuti usia harapan hidup yang tinggi yaitu mencapai 74 tahun atau di atas rata-rata nasional. Bertambahnya populasi lanjut usia ini akan menimbulkan berbagai permasalahan, yaitu meningkatnya kebutuhan akan pelayanan serta kesempatan dan fasilitas perlindungan. Secara individual permasalahan pada lanjut usia timbul karena terjadinya perubahan baik secara fisik, mental, maupun sosial. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya kemunduran dalam berbagai fungsi dan kemampuan yang pernah dimiliki. Masalah fisik, psikologis, dan sosial akan muncul pada lanjut usia sebagai akibat penuaan dan atau penyakit degeneratif. Kemunduran fungsi tubuh dan berubahnya peran akan sangat berpengaruh pada kemandirian lanjut usia dan kualitas hidup mereka.