BKKBN Jatim Bersama KB Tuban Giat Workshop Edukasi Gizi, Pencegahan Anemia dan Life Skill
Surabaya Kota, Tuban – Perwakilan BKKBN Jatim bersama Dinkes, PP, dan KB Kabupaten Tuban melaksanakan kegiatan Workshop Edukasi Gizi, Pencegahan Anemia dan Life Skill pada Remaja di Kabupaten Tuban, Kamis (11/05/2023) bertempat di Aula Dinkes, PP, dan KB Kabupaten Tuban.

BKKBN Jatim Bersama KB Tuban Giat Workshop Edukasi Gizi, Pencegahan Anemia dan Life Skill

Kegiatan ini dibuka langsung oleh dr. Bambang Priyoutomo, selaku Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes, PP, dan KB) Kabupaten Tuban. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kepala Perwakilan BKKBN Jatim yang diwakili  oleh tim pendamping Bidang KSPK Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur. Sementara peserta kegiatan merupakan remaja dengan usia 15-19 tahun berjumlah 90 orang yang terdiri dari Ketua / Pengurus PIK Remaja Pro PN, Pengurus PIK Remaja non Pro PN, dan Pengurus OSIS SMA/SMK/MAN se-Kabupaten Tuban.

Dra. Maria Ernawati, MM selaku Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur menyampaikan bahwa intervensi spesifik menjadi salah satu upaya yang penting dilakukan dalam percepatan penurunan Stunting. Salah satu yang perlu dilakukan dengan penguatan kapasitas dan perilaku remaja. Beberapa permasalahan di Provinsi Jawa Timur yang perlu dicermati bersama antara lain, dispensasi Kawin/Perkawinan Usia Anak di Jawa Timur sebanyak 15.408, Angka Kematian Ibu sebanyak 305 kasus, dan tingginya Unmetneed sebesar 19,69 %. Sementara berdasarkan Data Survei Status Gizi Balita Indonesia (2021) menunjukkan bahwa angka prevalensi stunting di Indonesia adalah 24,4% dan di tahun 2022 turun menjadi 21,6 % (Data SSGI Tahun 2022), Jawa Timur sebesar dari 23,5% turun menjadi 19,2%.BKKBN Jatim Bersama KB Tuban Giat Workshop Edukasi Gizi, Pencegahan Anemia dan Life Skill