bkkbn-jatim-gelar-soth-di-malang-guna-entaskan-kasus-stunting
Surabaya kota, Surabaya – Perwakilan BKKBN Jatim bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Malang, pada hari ini (10/5/23) melaksanakan pembukaan kegiatan Orientasi Penggunaan KKA dan Pembentukan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) bagi Penyuluh KB dan Kader BKB se-Kabupaten Malang yang bertempat di Pendopo Kabupaten Malang. Kegiatan orientasi ini berlangsung selama dua hari yang diikuti oleh Penyuluh KB dan Kader BKB dari seluruh kecamatan di Kabupaten Malang sejumlah 66 orang.

bkkbn-jatim-gelar-soth-di-malang-guna-entaskan-kasus-stunting

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas PPKB Kabupaten Malang, Anis Wati Aziz, SE, M.Si., menyampaikan bahwa kegiatan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) merupakan terobosan strategis BKKBN untuk mengentaskan kasus stunting di Indonesia melalui Kelompok-Kelompok BKB yang dekat dengan masyarakat. “Jumlah kasus stunting di Kabupaten Malang pada tahun 2022 masih diatas rata-rata Provinsi, yaitu 23%. Kami senantiasa berupaya mengentaskan stunting melalui berbagai cara, salah satunya adalah dengan menyelenggarakan SOTH di setiap kecamatan dengan minimal 1 kelas SOTH, yang telah berjalan sejak awal Tahun 2023. Kami berharap dengan adanya SOTH ini nantinya dapat meningkatkan kualitas pengasuhan para orangtua yang tentunya berimbas pada menurunnya angka stunting di Kabupaten Malang”, ucapnya menyemangati para peserta pada pagi hari ini.

Anis menambahkan bahwa para kader yang hadir saat ini merupakan kader-kader pilihan, “Kami tidak dapat mencapai apapun tanpa bantuan dan kerjasama Bapak dan Ibu semua para kader pilihan yang hadir dalam kesempatan hari ini. Kami tidak dapat memberikan apa-apa, tapi mohon disematkan dalam hati dan pikiran bahwa apa yang Bapak dan Ibu lakukan saat ini semata-mata adalah untuk masa depan anak-anak kita. Sehingga, lakukanlah setiap hal dengan sungguh-sungguh dan ikhlas.” imbuhnya menguatkan.