Setelah melalui serangkaian tahapan pemilihan yang dimulai dengan pendaftaran tanggal 9-23 Januari 2023, tercatat 107 remaja putra dan putri mendaftar mengikuti pemilihan Duta Genre DIY 2023 ini. Setelah tahap penelitian berkas persyaratan, seleksi tertulis, dan wawancara  maka tertinggal 15 pasang (30 orang) remaja putra dan putri yang mengikuti final pemilihan Duta Genre. Namun sembelumnya 30 remaja tersebut menjalani karantina di asrama diklat BKKBN DIY untuk diberikan pembekalan tentang program Bangga Kencana dan Penurunan Stunting, serta pengembangan diri meliput kepribadian, kemampuan komunikasi dan konseling, motivasi, dan pengembangan bakat.

Sebagaimana disampaikan Kepala Perwakilan BKKBN DIY Shodiqin dalam laporannya, dengan menjadi Duta GenRe, diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya untuk berpartisipasi secara nyata dan bermakna dalam pembinaan ketahanan remaja sehingga mampu meningkatkan kuantitas cakupan dan kualitas pelaksanaan pemberian akses informasi, pendidikan, dan konseling kesehatan reproduksi dan seksual, gizi, serta perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja.

Hasil akhir peniliaian dewan juri menempatkan Miranto Zaenal Arief dari PIK-R Aushaf dan Alya Adinti dari PIK-R Sahabat Mentari sebagai Duta Genre Terbaik DIY Putra dan Putri. Mereka menerima pengalungan selempang sebagai tanda penobatan Duta Genre DIY 2023 oleh Duta tahun 2022 sebelumnya Fajar Permadi dan Marcellia Claudia Septy yang sekaligus mengakhiri dan menyerahkan tugas Duta Genre kepada Duta terpilih.