bkkbn-diy-adakan-orientasi-pjp-diikuti-26-perwakilan-kelompok-bkl
Surabaya Kota, Yogyakarta – Dalam kaitan program PJP bagi lansia berbasis keluarga tersebut Perwakilan BKKBN DIY untuk tahun 2023 ini memulainya dengan mengadakan kegiatan Orientasi PJP Berbasis Keluarga di Kota Yogyakarta dengan mengundang 26 perwakilan Kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL) yang ada di wilayah Kota Yogyakarta, Selasa (7/3/2023) bertempat di Resto Ingkung Grobog di Jalan Timoho Yogyakarta.

bkkbn-diy-gelar-orientasi-pjpBerbeda dengan negara maju seperti Jepang dimana negara mengambil peran dalam perawatan jangka panjang bagi lansia dengan menyediakan panti lansia dan caregiver atau pramu lansia profesional untuk kunjungan rumah, budaya negara kita masih menganggap tabu perlakuan demikian. Lansia adalah tanggung jawab anak keturunan atau keluarganya, menitipkan lansia ke panti lansia dianggap tindakan yang tidak terpuji. Memahami nilai budaya tersebut, BKKBN mengembangkan program Perawatan Jangka Panjang (PJP) bagi lansia berbasis keluarga.

Kepala Perwakilan BKKBN DIY Shodiqin yang diwakili Ketua Pokja Lansia Yuni Hastutiningsih menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan wawasan dan ketrampilan Kader dalam melaksanakan perawatan jangka panjang bagi lansia.
“Diharapkan para Kader ini selanjutnya dapat menularkan keterampilannya kepada para kader lainnya dan keluarga-keluarga di lingkungannya yang tinggal bersama lansia,” harap Yuni.