“Hasil SSGI yang menyatakan bahwa angka stunting kabupaten kita mengalami kenaikan hendaknya justru menjadi momen untuk get up, dan menyadarkan kita untuk lebih serius dalam penanganan stunting,” demikan dikatakan Heri Susanto.

Meskipun banyak faktor penyebab stunting, namun keterkaitan antara stunting dengan tingkat perekonomian masyarakat sangat besar. Heri berharap arah kebijakan pembangunan Kabupaten Gunungkidul makin difokuskan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Penanggung jawab Bidang KSPK Witriastuti yang mewakili Kepala Perwakilan BKKBN DIY dalam laporannya menekankan bahwa konvergensi merupakan kunci keberhasilan pengentasan stunting. Konvergensi percepatan pencegahan stunting adalah intervensi yang dilakukan secara terkoordinir, terpadu, dan bersama-sama menyasar kelompok sasaran prioritas untuk mencegah stunting. Penyelenggaraan intervensi, baik gizi spesifik maupun gizi sensitif, secara konvergen dilakukan dengan mengintegrasikan dan menyelaraskan berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan pencegahan stunting.

bkkbn-diy-gelar-advokasi-dan-kie-pengasuhan-1000-hpk