kepala-bkkbn-hadiri-rakerda-program-bangga-kencanaKepala Perwakilan juga menyampaikan sejumlah penghargaan Kabupaten/Kota atas capaian Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting, yaitu kepada Pj. Walikota sebagai Kabupaten/Kota dengan prevalensi terendah di DIY (13,8%).

Penghargaan juga diberikan kepada Bupati Bantul yang berhasil menjadi Kabupaten dengan penurunan angka stunting terbesar di DIY (turun 4,2%). Juga diberikan kepada Bupati Sleman atas Serapan Dana Alokasi Khusus /DAK Fisik terbesar (98,14%) dan kepada Bupati Gunungkidul atas Serapan Dana Alokasi Khusus /DAK Non Fisik terbesar (96,46%).

Selain itu BKKBN (pusat) juga memberikan dua penghargaan kepada Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai Provinsi Terbaik Tingkat Nasional Kelompok Target Pelayanan KB 10.000 – 60.000 Akseptor dan Provinsi Terbaik Tingkat Nasional Total KB MKJP Kelompok Target Pelayanan KB MKJP 1.500 – 5.000 Akseptor, yang diserahkan oleh Inspektur Utama Ari Dwikora kepada Staf Ahli Gubernur Etty Kumolowati.

Kepala Perwakilan BKKBN DIY Shodiqin dalam laporan dan refleksi capaian program menyampaikan bahwa dari 8 target kinerja utama BKKBN 2020 – 2024 Perwakilan BKKBN DIY berhasil atau memenuhi 5 diantaranya, yaitu TFR (angka kelahiran), Pemakaian alat kontrasepsi modern, penurunan angka kelahiran usia remaja, meningkatnya usia kawin perempuan, dan menurunnya kehamilan tidak diinginkan.