kepala-bkkbn-hadiri-rakerda-program-bangga-kencana
Surabaya Kota, Yogyakarta – Irtama BKKBN Ari Dwikora Tono menyampaikan pesan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo saat menghadiri Rapat Kerja Daerah – Rakerda Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Daerah Istimewa Yogyakarta yang berlangsung di Hotel Rohan, Banguntapan Bantul Selasa (18/2).

Hasto Wardoyo pertama-tama menyampaikan terima kasih atas kerja keras Gubernur DIY dan jajarannya yang telah berhasil menurunkan prevalensi stunting selama tahun 2022.

kepala-bkkbn-hadiri-rakerda-program-bangga-kencana“Momentum penurunan angka stunting ini harus dipertahankan dan ditingkatkan agar Bonus Demografi dapat dinikmati,” demikian pesan Kepala BKKBN dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Irtama (inspektur Utama) BKKBN Ari Dwikora Tono.

Transisi demografi di Indonesia yang ditandai penurunan fertilitas yang tajam kerena keberhasilan Program KB dengan dibarengi penurunan mortalitas telah merubah struktur dan komposisi penduduk Indonesia yang menghasilkan Bonus Demografi. Bonus Demografi terjadi apabila jumlah kelompok usia produktif lebih banyak dari usia non produktif.

“Momentum ini harus dipertahankan agar Indonesia betul-betul dapat menikmati periode Bonus Demografi lebih panjang. Jangan sampai jumlah kelompok usia produktif yang tinggi menjelang 2045 nanti memiliki tingkat produktivitas yang rendah atau bahkan malah menjadi beban karena saat usia di bawah dua tahun (Baduta) menderita stunting yang tidak tertangani dengan baik,” terangnya.