deputi-pengendalian-penduduk-bkkbn-bersama-kaper-bkkbn-diy-laporkan-hasil-survey-long-form-sp2020
Surabaya Kota, Yogyakarta – Deputi Pengendalian Penduduk BKKBN Bonivasius Prasetyo Ichtiarso dan Kepala Perwakilan BKKBN DIY Shodiqin menghadap Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X di ruang kerjanya, Selasa (21/2). Wakil Gubernur didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Erlina.

deputi-pengendalian-penduduk-bkkbn-bersama-kaper-bkkbn-diy-laporkan-hasil-survey-long-form-sp2020

Pada kesempatan ini Bonivasius melaporkan perkembangan indikator kependudukan berdasarkan hasil survey SSGI maupun survey Long Form SP2020 yang keduanya dilaksanakan tahun 2022 lalu. Berdasarkan kedua survey tersebut perkembangan kependudukan DIY selama tahun 2020 menunjukan perkembangan yang bagus yang mengindikasikan tercapainya penduduk tumbuh seimbang. TFR (angka kelahiran total) DIY sebesar 1,89 sudah di bawah rata-rata nasional 2,18 (target TFR nasional 2,1). Sedangkan ASFR (angka kelahiran kelompok umur tertentu) menunjukkan bahwa kelahiran (dan perkawinan) usia dini sudah rendah. Prevalensi stunting juga menurun dari 17,3% menjadi 16,4% dan semakin mendekati target 14%.

Yang perlu diperhatikan adalah disparitas antar kabupaten/kota. Sebagai contoh prevalensi stunting tingkat kabupaten/kota terendah Kota Yogyakarta (13,8%) dibandingkan Kabupaten Gunungkidul sebesar 23,5%, yang jika dilihat per kapanewon tentu disparaitas akan lebih besar lagi sehingga kebijakan yang diterapkan tidak harus sama antar wilayah satu dengan wilayah lainnya.