Selanjutnya acara dibuka secara resmi oleh Pj Walikota Yogyakarta yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Yunianto Dwisutono.

Yunianto, GKR Bendara dan Witriastuti Susani yang mewakili Kepala Perwakilan BKKBN DIY kemudian melakukan peninjauan terhadap booth para peserta ekspose. Dalam kesempatan ini sekaligus dilakukan penilaian hasil karya menu makanan bergizi dari ibu-ibu di Kampung KB oleh GKR Bendoro dan juri lainnya.

Dihubungi di sela-sela peninjauan ekspos produk, GKR Bendara menyampaikan bahwa BPD AKU melalui kegiatan ini ingin menciptakan peningkatan perekonomian pada keluarga-keluarga di seluruh pelosok.

“Kami ingin menciptakan ekosistem yang mendukung penurunan angka stunting melalui peningkatan pendapatan keluarga-keluarga” demikian dikatakan GKR Bendara. Hal ini karena tingkat pendapatan keluarga mempengaruhi penyediaan asupan bagi seluruh anggota keluarga, sehingga dengan meningkatnya pendapatan keluarga maka asupan gizi pun dapat meningkat kualitasnya.