“Penduduk adalah modal dasar pembangunan. Jika penduduk berkualitas akan menjadi modal pembangunan, namun jika penduduk tidak berkualitas (pendidikan rendah, sakit-sakitan, miskin, dll) maka akan menjadi beban pembangunan,” terangnya.

Perwakilan BKKBN Jatim menggelar Workshop dan Diseminasi Studi Kasus Pembelajaran Baik Stunting di Provinsi Tahun 2022, JBervariasinya kondisi daerah/ wilayah dan beragamnya situasi kependudukan memungkinkan permasalahan penduduk dan isu – isu kependudukan. Salah satu tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini adalah Stunting. Kondisi stunting di Indonesia akan menjadi ancaman yang serius apabila tidak ditangani secara cepat dan tepat, karena kondisi anak stunting akan menjadi beban bagi negara.

“Berdasarkan data SSGI tahun 2021 angka stunting Nasional sebesar 24,4 % sementara di Jawa Timur sebesar 23,5 %, meskipun Jawa Timur sudah dibawah angka Nasional namun target yang diberikan oleh Bapak Presiden 14 % di Tahun 2024, sehingga masih diperlukan upaya yang besar untuk mencapai target jika melihat waktunya hanya kurang 2 Tahun,” terangnya.