Kepala BKKBN menitipkan konten dan materi terkait stunting kepada 1.008 Penyuluh Agama dari semua agama yang ada di DIY. Mereka terdiri dari 183 Penyuluh Agama PNS dan 825 Penyuluh Agama non PNS. Untuk maksud tersebut BKKBN telah menyusun materi-materi penyuluhan dalam bentuk audio visual yang bisa disimak dan diunduh para penyuluh agama di channel Youtube BKKBN Official.

Kepala Perwakilan BKKBN DIY Shodiqin SH MM dalam laporan penyelenggaraan menyampaikan bahwa fokus utama upaya penurunan angka stunting yang dilakukan BKKBN adalah pada pencegahan stunting dengan sasaran program remaja, calon pengantin, dan pasangan usia subur. Mereka perlu dikondisikan agar dapat mempersiapkan perkawinan, merencanakan dan merawat kehamilan, serta mengasuh anak agar bebas dari stunting. Dalam hal penyiapan perkawinan sebagai awal proses menuju kehamilan, BKKBN mengintensifkan semua jalur-jalur KIE yang bisa dipergunakan.

bkkbn-diy-gelar-sosialisasi-dan-pembekalan-bagi-para-penyuluh-agama-di-yogyakarta“Berkaitan hal tersebut, maka peran para Penyuluh Agama sangatlah menentukan dalam menyebar-luaskan pentingnya pencegahan stunting kepada kelompok sasaran,” Jelas Shodiqin.

Oleh karena itu kepada para Penyuluh Agama dan tokoh-tokoh agama perlu dibekali dengan materi audio visual sebagai bahan dalam memberikan penyuluhan.